LATAR BELAKANG

*) Kegiatan ini gratis (free of charge) untuk presenter mahasiswa S1

Konservasi ex situ atau "konservasi di luar situs" bertujuan untuk melindungi spesies, varietas atau kultivar tumbuhan, hewan atau mikroba yang terancam punah di luar habitat aslinya. Misalnya, dengan memindahkan sebagian populasi dari habitat asli yang terancam dan menempatkannya di lokasi baru, baik dalam pengelolaan manusia atau daerah liar.

Tingkat dimana manusia mengendalikan atau memodifikasi dinamika populasi yang dikelola sangat bervariasi, mencakup perubahan lingkungan hidup, pola reproduksi, akses terhadap sumber daya, dan perlindungan dari predasi dan kematian. Pengelolaan ex situ dapat terjadi di dalam atau di luar jangkauan geografis alami suatu spesies. Individu yang dipelihara ex situ berada di luar relung ekologi, sehingga tidak dalam tekanan seleksi yang sama dengan populasi liar, dan dapat mengalami seleksi buatan dalam beberapa generasi berikutnya.

Kawasan pertanian merupakan area konservasi ex situ; Keanekaragaman hayati pertanian juga dilestarikan dalam bentuk bank gen dimana sampel disimpan untuk melestarikan sumber daya genetik tersebut dan kerabat liarnya.

Kebun raya dan kebun binatang (termasuk akuarium) adalah metode konservasi ex situ yang paling konvensional, dimana spesimen dilindungi untuk pembibitan dan direintroduksi ke alam liar apabila diperlukan dan memungkinkan. Tempat ini tidak hanya menjadi rumah tempat perawatan spesies yang terancam punah, namun juga memiliki nilai pendidikan dengan menginformasikan kepada masyarakat tentang status terancam punahnya suatu spesies dan faktor-faktor yang menyebabkannya, agar tercipta ketertarikan masyarakat untuk menghentikan, bahkan membalikkan faktor-faktor yang mengancam tersebut.


TEMA:

Konservasi ex-situ untuk Perlindungan dan Pemuliaan Keanekaragaman Hayati

SUB-TEMA:
1. Keanekaragaman genetik
2. Keanekaragaman spesies
3. Keanekaragaman ekosistem
4. Etnobiologi and Sosial Ekonomi
5. Ilmu dan Teknologi Hayati

Semua naskah yang berkaitan dengan subtema dapat dipresentasikan.


TEMPAT DAN WAKTU:

Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor 16122, Jawa Barat
Tel.: +62-251-8322187.

Sabtu, 9 September 2017
Pukul: 08.00-17.00 WIB

 

Keterangan:

Naskah-naskah berkualitas dari seminar nasional ini, yang telah mendapat persetujuan dari para reviewer dan editor akan diterbitkan pada jurnal Biodiversitas (terindeks Scopus) atau Nusantara Bioscience (terindeks Web of Science). Naskah lainnya akan diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (PSNMBI), sementara naskah yang tidak berkualitas, tidak diterbitkan.

 

PENYELENGGARA:

Society for Indonesian Biodiversity

Kebun Raya Bogor

Universitas Indonesia, Depok

Institut Pertanian Bogor