LATAR BELAKANG

*) Kegiatan ini gratis (free of charge) untuk presenter mahasiswa S1

Pendaftaran seminar di perpanjang s/d 17 Oktober 2018

Keanekaragaman hayati adalah komponen utama dalam keseimbangan ekosistem dan pendukung dalam keberlangsungan hidup manusia. Pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan masyarakat sangat tergantung pada keanekaragaman hayati sebagai sumber daya utama (bioresources) terutama dari sisi ekonomi. Dinamika pembangunan nasional yang terjadi saat ini membawa dampak pada kelestarian keanekaragaman hayati baik dampak positif maupun negatif. Pembangunan nasional yang tidak memperhatikan aspek kelestarian akan mengancam kelestarian keanekaragaman hayati karena keanekaragaman hayati bukanlah sumber daya yang tidak habis atau rusak.

Pengembangan konsep pembangunan nasional dengan mempertimbangan kelestarian keanekaragaman hayati dapat menjadi solusi, karena menjamin adanya pemenuhan kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan mempertimbangkan daya dukung lingkungan serta adanya keterbatasan sumber daya yang tersedia. Kesinambungan antara pemenuhan kebutuhan masyarakat yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan dalam segi pembangunan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati yang digunakan merupakan ciri utama bagi pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan.
Guna peningkatan pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan, langkah eksplorasi serta inovasi dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati sehingga konservasi tetap berjalan untuk menciptakan keseimbangan dalam konsep pembangunan nasional berwawasan lingkungan.

Berdasarkan hal tersebut, maka akan dilaksanakan Seminar Nasional Biodiversitas dengan tema “Dampak Pembangunan Nasional terhadap Biodiversitas dan Langkah Konservasi”. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu mengoptimalkan keanekaragaman hayati yang kita miliki sekaligus memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang Pembangunan Nasional.


TEMA:

Dampak Pembangunan Nasional terhadap Biodiversitas dan Langkah Konservasi

SUB-TEMA:
1. Zoologi
2. Botani
3. Mikrobiologi
4. Ekologi
5. Etnobiologi dan Sosial Ekonomi
6. Kearifan Lokal dalam Menunjang Konservasi Biodiversitas
7. Kebijakan dan Hukum Konservasi

Semua naskah yang berkaitan dengan subtema di atas dapat dipresentasikan.


TEMPAT DAN WAKTU:

Lor In Syariah Solo

Jl. Adi Sucipto No. 47 Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah
Tel.: +62-271-711000
Sabtu, 03 November 2018
Pukul: 08.00-17.00 WIB

 

Keterangan:

Naskah-naskah berkualitas dari seminar nasional ini, yang telah mendapat persetujuan dari para reviewer dan editor akan diterbitkan pada jurnal Biodiversitas (terindeks Scopus) atau Nusantara Bioscience (terindeks Web of Science). Naskah lainnya akan diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (PSNMBI), sementara naskah yang tidak berkualitas, tidak diterbitkan. Peserta juga dapat menerbitkan naskahnya pada jurnal-jurnal lain terbitan MBI secara gratis (smujo.id)

*) Untuk free of charge, mohon kirimkan naskah lengkap anda (manuskrip) paling lambat tanggal 2 Oktober 2018 (ke biodiversitas@gmail.com). Manuskrip yang siap untuk dikirimkan ke reviewer akan diundang untuk presentasi gratis. Mahasiswa S1 yang tidak mengirimkan manuskrip atau manuskripnya tidak siap direview akan diundang presentasi sebagai peserta mahasiswa biasa (tidak gratis)

 

PENYELENGGARA:

Society for Indonesian Biodiversity

Universitas Sebelas Maret, Surakarta